Jan 24, 2012

Xenia Maut, Contoh Betapa Tidak Bertanggung Jawabnya Pengguna Jalanan Jakarta

Xenia Maut Tugu Tani (detik.com)
Di suatu siang yang cerah, sebuah mobil bermerk Daihatsu Xenia menabrak belasan orang di trotoar di sekitar Tugu Tani. Hingga saat ini tercatat 9 orang meninggal dan 3 luka berat akibat kecelakaan ini. Berita mengenai kejadian ini menyebar luas dengan cepat di berbagai media. Bagi yang belum mengetahuinya, bisa dilihat di sini. Pengemudi Xenia tersebut adalah seorang wanita berusia 29 tahun, yang setelah diselidiki oleh pihak berwajib ternyata tidak memiliki SIM dan berada dalam pengaruh alkohol dan narkotika. Kendaraan itu sendiri sampai saat ini setelah diteliti, tidak menjadi penyebab kejadian ini, tidak ada rem blong, tidak ada cacat pada sistem pengendalian kendaraan, semua murni terjadi karena tindakan sang pengendara.

Bukannya mau ikut-ikutan memberitakan, saya hanya ingin sedikit memberikan pendapat saya tentang kejadian tersebut. Pertama-tama jelas saya turut merasakan duka mendalam bagi para korban. Tidak ada dalam pikiran mereka bahwa trotoar yang memang dikhususkan bagi pejalan kaki, serta halte bus yang diperuntukkan untuk menunggu angkutan umum akan menjadi tempat mereka menemui ajal. Tapi semua sudah terjadi, hal ini tentunya akan mengingatkan kita untuk selalu waspada, bahkan saat berada di tempat yang anda pikir merupakan tempat yang aman bagi anda.
Jika anda warga Ibukota negara tercinta ini, Jakarta, pasti sudah tidak heran dengan kelakuan beberapa oknum pengendara sepeda motor yang dengan seenaknya memacu motornya di trotoar saat kondisi jalanan macet. Hal ini selain melanggar peraturan lalu lintas tentunya juga membahayakan bagi pejalan kaki dan pengendara motor itu sendiri. Tapi mau dikata apa, itulah memang mental sebagian warga negara ini yang maunya enak sendiri, tanpa mau perduli jika tindakannya itu bisa merugikan orang lain.

Kedua, saya melihat kejadian ini bukanlah kejadian yang tidak disengaja. Kecelakaan memang namanya. Para pelaku juga terancam dijerat hukum tentang kelalaian berkendara. Bagi saya ini bukan kelalaian dan bukan kejadian yang tidak disengaja. Kenapa begitu? Sekalipun sang pelaku tidak berniat untuk membunuh orang-orang yang menjadi korban kebodohannya, dia telah dengan SADAR mengkonsumsi alkohol dan narkotika, lalu setelah itu dibawah pengaruh zat berbahaya kemudian mengendarai sebuah mobil. Karena semua dia lakukan dengan sadar, secara langsung dia telah dengan sengaja membahayakan jiwa orang lain dan jiwa dirinya sendiri. Sekali lagi, kelakuannya yang dengan SADAR mengkonsumsi alkohol dan narkotika kemudian mengemudikan mobil, itu sama saja dengan secara SADAR memiliki niat untuk membahayakan orang lain. Ini juga contoh betapa tidak bertanggung jawabnya sang pengemudi.

Lalu dimana peran kita semua setelah adanya kejadian ini? Cuma satu, bertanggung jawablah saat anda berkendara! Patuhi peraturan yang ada, patuhi semua rambu lalu lintas dan marka jalan, jangan berkendara dalam pengaruh alkohol dan narkoba, hargai pengguna jalan lainnya. Jika masyarakat pengguna jalan sudah bisa bertanggung jawab, maka percayalah kejadian seperti ini tidak akan terulang kembali.

Be Safe

2 comments:

Ariyanti said...

And please always get me home safely :)

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT 18+ PC GAME CLICK HERE TO DOWNLOAD said...
This comment has been removed by a blog administrator.