May 12, 2010

Kesemek





Kesemek. Anda tau apa itu? Pernah dengar kata itu?


Saya pribadi seringkali mendengar nama buah kesemek, dan saya yakin anda juga tau tentang kesemek -atau setidaknya pernah dengar kata kesemek lah-. Biarpun sering mendengar nama buah kesemek, saya belum pernah melihat bentuk buah itu seperti apa, apalagi merasakannya, sama sekali belum pernah. Karena namanya -kesemek- saya seringkali membayangkan buah ini adalah buah yang tidak enak rasanya. Apa yang saya bayangkan berubah total siang tadi, saat saya melihat dan merasakan buah yang satu ini.



Kesemek (Diospyros Kaki) atau dalam bahasa Inggris disebut Oriental Persimmon ternyata memiliki rasa manis dan segar. Daging buahnya (yang matang) renyah seperti pepaya muda. Memiliki kandungan air yang cukup banyak layaknya buah melon. Rasa manisnya mengingatkan saya pada rasa manis buah Srikaya, hanya saja aroma pada srikaya lebih kuat, dan rasa manis srikaya juga lebih kuat. Buahnya yang matang akan berwarna kuning hingga jingga kemerah-merahan. Ukuran buahnya hanya sebesar apel, dan kulitnya kadangkala seperti bertabur bedak.



Sungguh diluar dugaan rasa dari buah yang satu ini. Tadi yang saya rasakan adalah buah kesemek yang dijual oleh penjual rujak buah di dekat tempat saya bekerja. Satu bungkusnya diberi harga Rp.2000,- dan berisi 4 potongan buah kesemek. Pengalaman yang luar biasa. Saya suka buah kesemek. ^_^


4 comments:

Quinie said...

nanti kalo kopdaran, bawa kesemek ya.. gua blom pernah nyobain... *jadi penasaran*

Ariyanti said...

bawain aku dong nod, aku belum pernah makan kesemek :)

Arnold Linting - Ode said...

@Quin: okaay...kapan btw?
@Tea: udah yaa kemarin :)

Dioz said...

ya ampun jarang deh nemu buah ini. setau gue harus ke pasar krn di supermarket ga pernah liat ada yang jual. itupun harus pas musimnya. enaaak renyah n manis rasanya ^^