Jul 10, 2009

Not While Eating Please


Big No While Eating

Setiap manusia pasti ingin disaat mereka makan, mereka bisa menikmati makanan yang mereka makan tanpa gangguan. Tapi untuk bisa makan tanpa gangguan rasanya sulit sekali didapat tiap orang. Memang jenis gangguannya akan berbeda pengaruhnya pada tiap orang. Ada yang tidak bermasalah jika saat makan harus ditemani lalat, tetapi ada juga yang akan menghentikan makannya jika ada satu lalat hadir didekatnya. Lalu, hal-hal apa yang mengganggu saya saat saya sedang makan?

1. Orang di dekat saya makan berdecak.
Pernah tidak melihat (atau lebih tepatnya mendengar) seseorang yang makan sampai mengeluarkan suara decak mengunyah? Buat saya yang dari kecil diajarkan untuk tidak berdecak saat makan merasa sangat terganggu jika saya sedang makan dan orang di dekat saya makan sambil berdecak. Mengunyah dengan mulut tertutup akan mengurangi kebiasaan makan berdecak. Mengunyah makanan secukupnya (tidak berlebihan dan memenuhi rongga mulut) juga membantu mengurangi decak kunyah anda.
2. Melihat darah.
Jangankan saat makan, melihat dan mencium aroma darah saat melakukan apapun bisa membuat saya muntah, dan mungkin pingsan. Herannya, harus kombinasi keduanya barulah reaksi tersebut ada. Kalau hanya melihat darah (atau apapun yang menyerupai darah) saya masih bisa tahan. Begitupun kalau hanya mencium bau amis khas darah, saya masih bisa kuat. Tapi begitu saya melihat dan mencium darah, wah…siap-siap saja.
3. Beradu argumen saat makan.
Anda mau bertengkar saat sedang enak-enaknya menikmati hidangan? Sedapnya rasa makanan akan hilang begitu emosi anda berubah, begitu darah anda mendidih. Belum pernah coba? Yuk, adu argumen sama saya sambil makan (tapi anda yang traktir) hehehehehe….
4. Melihat orang muntah saat saya makan.
Kalau hanya menirukan suara seperti orang yang hendak muntah saya masih bisa cuek-cuek saja. Tapi kalau sampai ada yang muntah dihadapan saya saat saya sedang makan, maka secara otomatis reaksi saya adalah ikut-ikutan muntah.
5. Aroma yang tidak sedap.
Aroma yang saya maksud adalah aroma-aroma yang tidak enak dicium, seperti bau sampah, bau makanan basi, bau badan, dan bau lainnya. Kalau sampai aroma tidak sedap itu mengalahkan aroma dari makanan, maka saya akan berhenti makan saat itu juga. Makanya, akan sangat hebat jika anda melihat saya makan di dekat tempat sampah yang mengeluarkan bau tidak sedap.
6. Aroma yang terlalu wangi dan tajam.
Aroma yang ini justru aroma yang sebenarnya wangi, seperti parfum. Hal ini karena hidung saya yang agak sensitif, sehingga aroma yang terlalu tajam, yang mengalahkan aroma makanan yang sedang saya nikmati, bisa membuat saya berhenti makan saat itu juga.
7. Orang yang tidak berhenti berbicara saat mengunyah makanan.

Banyak orang bilang “Jangan berbicara saat mulutmu penuh” atau dalam bahasa daerah asal saya “Don’t talk when your mouth is full.” Tapi beberapa diantara kita yang entah terlalu menghargai waktu yang ada, atau alasan lainnya, sepertinya senang sekali mengobrol sambil mengunyah makanan. Seolah-olah waktu sangat sedikit sehingga kalau tidak berbicara saat itu juga maka tidak akan ada kesempatan lainnya. Tidak masalah sih kalau harus mengobrol saat menikmati makanan, tapi telan dulu makanan yang ada di mulut baru bicara.


Baru saja, tadi saat istirahat makan siang, saya bertemu seseorang yang memenuhi beberapa hal yang saya sebut diatas. Saya kesal setengah mati, hingga makanan yang saya beli saya tinggalkan dalam keadaan baru dimakan setengahnya. Orang ini satu gedung dengan saya. Makannya berdecak, dan kencang pula. Punya masalah bau badan (setidaknya saat itu ia bermasalah dengan hal itu). Terus-terusan mengoceh padahal mulutnya sedang penuh, dan ocehannya bukanlah sesuatu yang penting, bukan sesuatu yang harus disampaikan saat itu juga, bisa nanti setelah makan atau lain waktu. Terakhir, dia terus-terusan bertanya dan bertanya, seolah-olah memaksa saya untuk ikut bicara. Menyebalkan.

Bagaimana dengan anda?

11 comments:

Quinie said...

pertamax

Quinie said...

berdecak = ngecap = ngejiplak ?
Kalo gua sering, de. Secara, boss gua paling sebel denger gua ngejiplak, makanya gua sengajain :p

mrpsycho said...

mantan bos saya kalo makan berdecak,memang dia memiliki lidah yg diatas rata2 untuk mengecap cita rasa masakan,sehingga terbiasa untuk berdecak..hal itu mempengaruhi selera makan saya, tapii..si boss gitu loh,what can I do?? xixixi

bongjun said...

yang nomor 1 berdecak saya juga gak nyaman

nomor 2 dan 5 tergantung sikon,...saat tsunami di aceh saya bisa makan diantara tumpukan jenazah,..terpkasa hahaha

nomor 3, 4 dan 7 bikin selera berkurang

nomor 6 no problem

xixxi

attayaya said...

aku paling sebel ma org berdecak wkt makan

kalo yg lain ga masalah banget

AISHALIFE-LINE said...

saya malah suka ,kalau makan sambil ngobrol hehhe.

sii melyn said...

Ih, aku paling sebel tuh kalo ada orang makannya ngecap.

Ariyanti said...

Aku wangi lho Nod... Jadi gak suka niy? Xixixixi...

Arnold Linting said...

@ Quin : Selamat yaaa..akhirnya pertamax :P
Jangan ngecap kalau deket daku ya bu :)

@ Mr.P : gyaaa...untung bos saya tidak begitu, mereka orang-orang terdidik kok :P

@ Bongjun : wah-wah...pernah ke Aceh waktu Tsunami? hebat euy..

@ Attayaya : iya, saya juga paling sebel, makanya jadi nomor satu

@ Aisha : Saya juga ga keberatan sih, tapi kalau lihat makanan yang sedang dikunyah kok kayanya gimana ya?

@ Melyn : Kalau yang makannya pake kecap gimana?

@ Tea : wangi kamu kan ga menusuk hidung sayang, ya ga ada masalah laah

natazya said...

biasanya ga ada yang bisa ganggu saya kalo udah makan hahaha

eh ada...

BINATANG!!! dalam arti konotasi dan denotasi :D :D :D

Arnold Linting said...

@Natazya : Gyahahaha....binatang? kalau yang dimakan binatang gimana?? :P